Status

"WAITING FOR YOU MY LITTLE BABY"

25 Maret 2011

Mengapa Pesawat Bisa Terbang ?

Mengapa Pesawat Bisa Terbang ?


Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan jika ada hal yang menyangkut tentang pesawat terbang?


Pesawat terbang adalah mesin atau kendaraan apapun yang mampu terbang di atmosfer. Prinsip-prinsip terbangnya menggunakan hukum fisika yakni menerapkan Hukum Bernoulli.

Penerapan Hukum Bernoulli untuk mendesain pesawat terbang
Pesawat terbang dirancang sedemikian rupa sehingga hambatan udara yang dihasilkan sangat kecil. Pesawat pada saat terbang akan menghadapi beberapa hambatan, diantaranya hambatan udara, hambatan karena berat badan pesawat itu sendiri, dan hambatan pada saat menabrak awan. Mesin penggerak pada pesawat menghasilkan gaya yang mampu mengangkat dan mendorong badan pesawat. Pada dasarnya, ada empat buah gaya yang bekerja pada sebuah pesawat terbang yang sedang mengudara.

(1). Weight (gaya berat), berat pesawat yang disebabkan oleh gravitasi bumi.
(2).  Lift (gaya angkat)  yang disebabkan oleh bentuk pesawat.
(3). Thrust (gaya dorong) yang disebabkan oleh dorongan mesin / engine
(3). Drag (gaya hambatan) yang disebabkan oleh gesekan udara



Pesawat bisa terbang juga karena ada momentum dari dorongan horizontal mesin pesawat (engine), kemudian dorongan engine tersebut akan menimbulkan perbedaan kecepatan aliran udara dibawah dan diatas sayap pesawat . Kecepatan udara diatas sayap akan lebih besar dari dibawah sayap di karenakan jarak tempuh lapisan udara yang mengalir di atas sayap lebih besar dari pada jarak tempuh di bawah sayap, waktu tempuh lapisan udara yang melalui atas sayap dan di bawah sayap adalah sama .

Gambar di bawah adalah bentuk penampang sayap yang disebut dengan aerofoil. 
Garis arus pada sisi bagian atas lebih rapat daripada sisi bagian bawahnya, yang berarti laju aliran udara pada sisi bagian atas pesawat (v2) lebih besar daripada sisi bagian bawah sayap (v1). Kecepatan udara besar menimbulkan tekanan udara yang kecil . sehingga tekanan udara di bawah sayap menjadi lebih besar dari sayap pesawat bagian atas. Sehingga akan timbul gaya angkat (Lift) yang menjadikan pesawat itu bisa terbang.

0 comments - click to leave some comment:

Poskan Komentar

Tinggalkan jejak anda dengan pertanyaan, komentar dan saran yang membangun. Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...