Status

"WAITING FOR YOU MY LITTLE BABY"

11 Juli 2011

Pengertian Runway dan Cara Menentukan Runway Designator

Runway adalah salah satu bangunan atau icon yang sangat mencolok di suatu bandara. Karena memang semua bandara memiliki runway. Pengertian runway tersendiri ialah wilayah berbentuk persegi panjang di atas lapangan terbang yang digunakan untuk pendaratan dan lepas landas pesawat.
Runway
Panjang dan lebar runway di setiap bandara berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhan,keadaan   obstacle sekitar bandara, dll. Kekuatan runway juga berbeda-beda, dalam bahasa penerbangan kekuatan runway/bangunan lainnya di bandara lebih dikenal dengan sebutan PCN (Pavement Classification Number). PCN juga ditentukan sesuai dengan kebutuhan suatu bandara, dilihat dari pesawat apa yang akan menggunakan runway bandara tersebut, semuanya ada hitung-hitungannya.

Angka 28 pada gambar di atas, adalah merupakan Runway Designator / pengenal runway. Dalam penentuan runway designator di suatu bandara, diadakan observasi angin dalam kurun waktu 5 tahun setiap 3 jam sekali, hal ini dilakukan untuk mengetahui mayoritas pergerakan angin di suatu wilayah di mana bandara akan didirikan.

Misalkan hasil suatu observasi di suatu wilayah menunjukkan bahwa rata-rata pergerakan angin sebesar 283 derajat. Dari angka tersebut diambil dua angka didepan, dan terjadi pembulatan. Jika angka ketiga sebesar 1-4 maka pembulatan kebawah, 6-9 pembulatan keatas. Karena rata-rata pergerakan angin sebesar 283 derajat maka runway designatornya adalah 28 dan 10. Runway 28 berarti runway menuju ke arah angin 280 derajat, dan runway 10 berarti runway menuju ke arah angin 100 derajat.

7 komentar:

  1. nice post, keep blogging and sharing :)

    BalasHapus
  2. For : avionika01..
    thanks for the spirit..i've visited your blog...so nice...if god willing, i'll keep blogging and sharing the knowledge that i've got. :)
    mr.agus...nice to know u..my name is bella...i'm a cadet in STPI..majored in air traffic controller..
    i've some question for u sir, n i'll send it to your blog sir...

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas infonya,saya baru tahu tentang numerik runway.

    BalasHapus
  4. Thanks untuk sharing ttg pengertian runway,baru tahu untuk rwy designornya

    BalasHapus
  5. Thanks utk sharing ttg runwaynya,baru tahu tuh no yng ada dirunway apa kegunaanya

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan pertanyaan, komentar dan saran yang membangun. Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...