Status

"Ramadhan yaa Ramadhan"

20 Juli 2012

Kisah Menjadi Pilot

Pilot itu merupakan salah satu cita-cita terfavorit sewaktu saya masih di bangku taman  kanak-kanak, pasti jaman dulu kalau kita ditanya

"mau jadi apa, kalau sudah besar nanti?"

"jadi Dokter"

"jadi Pilot"

"jadi Guru"

dll

Jadi Pilot merupakan mimpi bagi anak-anak, karena bagi anak-anak pesawat adalah barang luar biasa, karena bisa terbang di udara, yang notabene terbang dalam pikiran kita pada saat itu hanyalah dimiliki oleh peri-peri atau superhero.

Sewaktu kita beranjak dewasa, cita-cita kita pun berubah-ubah tergantung minat dan hobby kita yang sering berubah-ubah. Sedang musim band, saya bercita-cita untuk menjadi penyanyi. Sedang hobby badminton, saya bercita-cita jadi Atlit Badminton. Begitu pula dengan anak-anak lainnya. Sampai pada akhirnya saya bisa memutuskan apa cita-cita saya pada saat ini, yaitu masuk surga. heheh... Pada saat ini saya adalah seorang Taruni Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, Prodi Diploma IV Pemanduan Lalu Lintas Udara Angkatan ke-12 atau lebih dikenal dengan nama ALLU 12, saya sudah memasuki semester 8 dan Insya Allah pada tanggal 20 September 2012, saya akan diwisuda. Amin. Saya mendapat penempatan di ATKP (Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan) Medan.

Dahulu tidak pernah terbesit di benak saya untuk menjadi seorang ATC (Air Traffic Controller) apalagi seorang Instruktur/Dosen ATC, menurut saya cita-cita itu bisa berubah tapi dalam hal peningkatan (terus meningkat). Begitu pula dengan Desi Apriliana dan Farica Rahadi, yang juga merupakan Taruni Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia, prodi DII Penerbang Angkatan 63 C, cita-citanya saat ini adalah menjadi Pilot yang sukses. Meskipun Desi dan Rica seorang wanita, hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi mereka untuk meraih cita-citanya menjadi Pilot, profesi yang banyak digandrungi oleh laki-laki.

Karena hal tersebut pun, Desi dan Rica dituntut untuk tidak manja dan lemah (mental), karena di sekolah penerbang mana pun, siswa harus terlatih secara keterampilan dan mentalnya, karena Pilot merupakan salah satu profesi yang memerlukan mental yang sangat baik, karena sebagai seoarang Pilot, banyak hal yang akan dihadapi di atas sana (udara), seperti cuaca buruk (awan hitam atau cumulunimbus, masalah pada pesawat, masalah pada penumpang, dll), dan tentunya penanganan masalah tersebut pilot harus memiliki mental tinggi, harus tetap tenang, cepat dan tepat dalam mengambil keputusan.

Mengharapkan Doa Orang Tua
Dengan segala resiko yang harus diambil oleh Siswa Penerbang, tentunya Desi dan Rica tidak pernah luput untuk berdoa kepada Sang Pencipta, karena di tangan-Nya lah seluruh nasib dan takdir setiap manusia telah dituliskan.

Ada pengalaman menarik dari Desi, selama ia mengikuti pendidikan dan praktek terbang. Pada saat itu Desi bersama salah satu rekan Taruna terbang kembali dari Semarang ke Curug, pada saat di tengah perjalanan, di depan pesawat mereka ada awan hitam, mereka tidak bisa masuk ke awan hitam tersebut, karena mereka melakukan terbang visual, kalau mereka sampai masuk, mereka tidak bisa melihat sekeliling mereka, tidak bisa melihat terrain, dan ditakutkan malah menabrak obstacle, selain itu jika pesawat memasuki awan, akan membuat pesawat susah untuk dikontrol, ditakutkan awan malah akan mendorong pesawat untuk ke bawah atau ke atas (downdraft atau updraft).

Mereka pun melakukan koordinasi dengan ATC dan meminta untuk menurunkan ketinggian atau memvektor pesawat mereka agar bisa menghindari awan tersebut. Mereka diperbolehkan turun, tetapi tidak bisa menghindari untuk masuk ke dalam awan, pada saat itu Desi dan kawannya merasakan guncangan saat memasuki awan tersebut, di kaca pesawat Desi tidak bisa melihat apa-apa, 

"Jujur Mb, saya takut banget pada saat itu, saya istigfar, saya berdoa, dan doa dari Orang Tua yang saya bisa harapkan pada saat itu", ujar Desi

Akhirnya mereka pun tetap melakukan koordinasi dengan ATC untuk bisa menurunkan ketinggiannya lagi, dan akhirnya mereka keluar dari awan tersebut. Mereka pun senang dan sangat bersyukur. Kejadian tersebut memberikan pelajaran bagi Desi dan kita semua, untuk tetap meminta perlindungan kepada Allah SWT dan mengharapkan ridho orang tua di setiap aktifitas kita.

Desi Apriliana
Selamat berjuang ya adik Desi dan Rica, semoga kalian bisa menjadi Pilot yang hebat, dan tetap bermanfaat bagi orang banyak. Amin

18 komentar:

  1. bang saya mw sekolah di ATKP makassar bisa gak melalui jalur itu jadi pilot?

    BalasHapus
  2. maaf saya wanita, jadi jangan panggil bang ya... :D

    oke adik... Sekolah Penerbangan di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan yang membuka jurusan pilot hanya ada 2, yaitu STPI Curug dan ATKP Surabaya (baru buka tahun 2012), selebihnya belum ada lagi.. :)

    BalasHapus
  3. kak di STPI nerima cewek untuk jurusan penerbang?

    BalasHapus
  4. ia terima cewek de...itu yg di gambar (menggunakan baju overall orange) adalah Taruni jurusan Penerbang

    BalasHapus
  5. emang lu pantes di panggil abang mbel.....hehehehe

    BalasHapus
  6. I do not leaνe a гesponse, however I looked at through somе rеmaгkѕ οn
    "Kisah Menjadi Pilot". I actually dο hаve a couρle of
    questions for you if you tend not to mіnd.
    Is it onlу mе or do some of the remarκs
    comе across like they are left by brain dеad visitoгs?

    :-P And, if yοu arе writіng on other ѕiteѕ, I would like to fоllow
    you. Would you post a list of all of your soсial netwοrking
    ѕіteѕ like your Fаcebook pagе, twitteг feeԁ, οr linkеdin profile?


    Feel freе to vіѕit my web blog ... wow heavy frostweave bandage

    BalasHapus
  7. maaf sy mau tanya,tahun ini stpi buka jurusan penerbang tidak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buka de, tapi pembukaannya tidak bersamaan dengan jurusan lain.

      Hapus
  8. tante, gimana sih caranya masuk ke STPI atau ke sekolah yg berhubungan dengan teknik perawatannya....

    BalasHapus
  9. gimana caranya masuk ke dunia penerbangan ya,,,,?

    BalasHapus
  10. dan cita-cita saya sejak dulu adalah menjadi ATC,,namun nasib mengatakan saya harus berkarya di darat...
    hehehehe...
    :D

    BalasHapus
  11. Can I become a pilot? ._. I not a strong girl, but i want to become a pilot. Please help me. Please reply my message mbak /?

    BalasHapus
    Balasan
    1. you will never know how strong you are, before you try... just try hard..

      Hapus
  12. Maaf mau nanya saya lulusan SMK teknik komputer dan jaringan, masih bisakah saya masuk ke jurusan penerbangan?

    BalasHapus
  13. Biaya nya berapa sampe Lulus ?

    BalasHapus
  14. Mbak jurusan mna yang harus diambil untuk jadi pilot,??, mohon dibalas?

    BalasHapus
  15. jdi pen cepet gede, biar bisa jdi pilot:D

    BalasHapus

Tinggalkan jejak anda dengan pertanyaan, komentar dan saran yang membangun. Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...