Status

"WAITING FOR YOU MY LITTLE BABY"

19 Oktober 2011

Bagaimana Search Engine Bekerja Membaca Blog Kita

i'm search engine
Bagaimana Search Engine Bekerja Membaca Blog Kita 

Seperti kita tahu ada banyak search engine yang beredar di dunia maya ini, seperti contohnya Google, Yahoo, Alexa, MSN, dll. Tapi kebanyakan dari kita sebagai blogger pemula tidak mengerti sama sekali Bagaimana Search Engine Bekerja ? Sementara itu kita menjalankan misi kita untuk meningkatkan PageRank dan mengoptimalisasi SEO (Search Engine Optimization). Hal ini sama saja seperti pepatah menulis di atas air. Hal tersebut sulit tercapai jika kita tidak mengetahui dan mengerti bagaimana search engine tersebut bekerja.
Para tentara search engine atau yang biasa disebut dengan Robot Spider ditugaskan untuk menelusuri setiap halaman blog dan website seperti layaknya kita membaca sebuah buku. Ditelusuri dari kiri atas sampai kanan bawah. Mereka pun bekerja HANYA untuk membaca informasi yang berwujud teks dan hyperlink. Gambar, kode JavaScript, foto ataupun animasi berwujud flash yang kita kira dapat mempercantik tampilan blog kita ternyata TIDAK BISA DIBACA sama sekali. Jika ingin membuktikan benarkah search engine bekerja dengan menelusuri  halaman web atau blog dari kiri atas ke kanan bawah.
Klik di bawah ini
Kalau kawan-kawan pernah mengunjungi blog atau web para Master SEO, mungkin kita mengecap tampilan blog atau web mereka sedikit membosankan, tentu saja penilaian tersebut mengesampingkan bobot informasi yang mereka sharing. Hal itu tentu saja bukan karena mereka kurang dalam hal seni ataupun keindahan, tapi karena memang tampilan yang indah atau menarik di blog para master SEO tersebut tidak begitu terlalu penting.

Beberapa tips agar halaman blog atau web kita mudah dibaca oleh search engine :
  1. Menurut prinsip kerja Search Engine "membaca dari kiri atas ke kanan bawah" maka lebih baik jika tampilan halaman posting kita taruh di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan agar lebih cepat dibaca oleh search engine.
  2. Jika tampilan header tittle blog atau web anda masih ada tampilan foto atau gambar, lebih baik segera disingkirkan. Karena gambar hanya menghalangi search engine untuk membaca tittle blog kita.
  3. Buatlah tittle atau keyword yang paten, sehingga mudah untuk dicari.
Kalau kawan-kawan masih melihat tampilan blog saya bertolak belakang dengan tips yang saya berikan, kalian boleh tertawa lebar-lebar karena saya pun begitu, ya karena sebelum membuat ini, saya sama sekali tidak tahu bagaimana cara search engine bekerja, saya hanya memikirkan bagaimana caranya membuat tampilan blog semenarik mungkin. Kalau sampai sekarang atau kapanpun belum ada perubahan, berarti saya belum siap mengubah tampilan blog saya. Selamat blogging !!!

1 komentar:

Tinggalkan jejak anda dengan pertanyaan, komentar dan saran yang membangun. Terima kasih

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...